NitNut_Nyus

Wahyu Nita

Kamis, 26 Juni 2014

Contoh RPP Speaking



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama satuan pendidikan      : SMA Negeri  4 Kediri
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/semester                       : XI/1
Materi pokok                         : Teks lisan untuk memberi saran dan tawaran serta cara meresponnya
Alokasi waktu                        : 1 pertemuan (2JP)
A.  Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar  

1.1.1 Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa inggris
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.1.1 Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks




C.    Tujuan Pembelajaran
Diperlihatkan sebuah teks reacount siswa mampu:
1.      Mengidentifikasi makna yang ada di dalam teks recount.
2.      Mengidentifikasi gambaran umum teks tulis berbentuk recount.
3.      Mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat dalam teks tulis berbentuk recount.
4.      Menyusun teks tulis sederhana berbentuk recount berdasarkan pengalaman/kejadian di masa lalu.

D.    Materi Pembelajaran
Fungsi Sosial
·   Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
·   Terbiasa menggunakan ungkapan memberi saran dan tawaran dan meresponnya
Ungkapan
 Saran dan tawaran:
 Why don’t you…
What about …?
You should …
You can ….
Do you need ….?
    Unsur kebahasaan
(1)     Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(2)     Rujukan kata

Topik
Keteladanan tentang perilaku peduli, kerjasama, dan proaktif
E.     Metode Pembelajaran
Metode Ilmiah (Scientific Approach)

F.   Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
*      Video
*        Text
*        Laptop/LCD/

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Fase
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
a.       Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dan guru dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
b.      Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
c.       Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
5 menit
Kegiatan
Inti
a.        Mengamati
·      Peserta didik disajikan sebuah video oleh guru
·      Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada peserta didik secara lisan, kemudian peserta didik menjawabnya secara lisan

b.        Menanya
Guru mengarahkan peserta didik untuk bertanya mengenai materi atau bahan ajar tentang fungsi sosial, ungkapan yang terkait dengan materi, dan unsur kebahasaan
c.         Mengeksplorasi
·      Peserta didik disajikan contoh tantang ungkapan memberi saran dan tawaran serta cara meresponnya
·      Peserta didik menirukan ucapan yang diucapkan oleh guru
d.        Mengasosiasi
·      Peserta didik diberikan beberapa contoh situasi oleh guru
·      Peserta didik mempraktekkan ungkapan memberi saran dan tawaran serta cara meresponnya secara berpasangan

e.         Mengkomunikasikan
·         Peserta didik mempresentasikan secara singkat dialog tentang ungkapan memberi saran dan tawaran serta cara meresponnya di depan kelas
·         Peserta didik memperoleh balikan dari guru dan teman tentang performa presentasi yang disampaikan.


5 menit





5 menit





5 menit





10 menit






10 menit
Penutup
a.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
b.     Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
c.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang  diberikan oleh guru
5 menit

H.    Penilaian (Instrumen penilaian terlampir)
1.      Penilaian sikap
2.      Penilaian pengetahuan
3.      Penilaian ketrampilan






LAMPIRAN PENILAIAN
1.   Penilaian Sikap

No
Aspek yang dinilai
Teknik
Penilaian
Waktu
Penilaian
Instrumen
Penilaian
Keterangan
1
2
3
4
5
6
7
8
Rasa hormat
Jujur
Peduli
Berani
Percaya diri
Komunikatif
Peduli sesama
Ingin tahu
Pengamatan
Proses
Lembar  Pengamatan


Indikator
Pencapaian
Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount tentang pengalaman, kejadian, dan peristiwa, sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.

Unjuk kerja
Lisan dan tulis
1.    Analyze about recount text
2.    Answer the question correctly


2. Penilaian Pengetahuan



3.      Penilaian praktek

Indikator
Pencapaian
Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
Menyusun teks recount tulis, sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Unjuk kerja
Presentasi
Create recount text based on their own experience in group. After your work have finished it, each group give presentation in front of the class

LAMPIRAN   : Rubrik Penilaian dari Segi Sikap (attitude)
a. Rasa hormat (respect)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak hormat
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak hormat
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak hormat
2 = Sering menunjukkan sikap tidak hormat
1 = Sangat sering menunjukkan tidak hormat
b. Jujur (honest)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak jujur
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak jujur
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak jujur
2 = Sering menunjukkan sikap tidak jujur
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak jujur
c. Peduli (care)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak peduli
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak peduli
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak peduli
2 = Sering menunjukkan sikap tidak peduli
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak peduli
d. Berani (brave)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak berani
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak berani
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak berani
2 = Sering menunjukkan sikap tidak berani
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tiodak berani
e. Percaya diri (confidence)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak percaya diri
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak percaya diri
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak percaya diri
2 = Sering menunjukkan sikap tidak percaya diri
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak percaya diri
f. Berkomunikasi baik (communicative)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak komunikatif
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak komunikatif
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak komunikatif
4 = Sering menunjukkan sikap tidak komunikatif
5 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak komunikatif
g. Peduli sosial (social awareness)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak peduli sosial
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak peduli sosial
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak peduli sosial
2 = Sering menunjukkan sikap tidak peduli sosial
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak peduli sosial
h. Ingin tahu (curiosity)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak ingin tahu
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak ingin tahu
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak ingin tahu
2 = Sering menunjukkan sikap tidak ingin tahui
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak ingin tahu
Rubrik Penilaian dari Aspek Pengetahuan (knowledge)
a. Kosa kata (vocabulary)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada kesalahan dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan dan menganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan sehinngga sulit dipahami.
b. Kelancaran (fluency)
5 = Sangat lancar
4 = Lancar
3 = Cukup lancar
2 = Kurang lancar
1 = Tidak lancar
c. Ketelitian (accuracy)
5 = Sangat teliti
4 = Teliti
3 = Cukup teliti
2 = Kurang teliti
1 = Tidak teliti
d. Pengucapan (pronunciation)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit untuk dipahami
e. Intonasi (intonation)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada beberapa kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
f. Pemahaman (understanding)
5 = Sangat memahami
4 = Memahami
3 = Cukup memahami
2 = Kurang memahami
1 = Tidak memahami
g. Pilihan kata (diction)
5 = Sangat variatif dan tepat
4 = Variatif dan tepat
3 = Cukup variatif dan tepat
2 = Kurang variatif dan tepat
1 = Tidak variatif dan tepat

Rubrik Penilaian Praktek

Kriteria

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon kurang tepat, ucapan salah, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.
Nilai
Excelent
5
Very Good
4
Good
3
Fair
2
Poor
1

Format Penilaian Individu

Nama Kegiatan                       : .....................................
Tanggal Pelaksanaan               : .....................................
Nama                                       : .....................................
NIS                                         : .....................................

No
Aspek yang Dinilai
Nilai
Sikap (attitude)
1
Ingin tahu

2
Percaya diri

3
Jujur




Perilaku (action)
1
Kerja sama

2
Melakukan tindak komunikasi yang tepat




Pengetahuan (knowledge)

1
Pengucapan

2
Kelancaran

3
Intonasi




Total

Rata-Rata


Kediri, 21 Mei 2014
Mengetahui,
Mengetahui Kepala SMAN 4 Kediri                                      Guru Mata Pelajaran


____________________                                                                               ____________________
NIP. ...                                                                                                   NIP. ...














STUDENT WORKSHEETS

Activity 1
Watch and observe the video.
Activity 2
Repeat after your teacher.
            Asking Suggestion and Advice
-          What do you think .....?
-          Do you have any idea ?
-          Can you give me an advice ?
-          Do you have any recommendation for me ?
Giving Suggestion and Advice
-          How/What about .........
-          I suggest you to....
-          You ought to ......
-          You should......
-          I recommended you to......
-          I advice you to.......
-          If I were you.....
-          Why don’t you.....
Example :
Anton            : I have a serious problem today. I have just lost my drive license.
Shally            : Do not be so sad my friend, let us search around the park.
Anton            : I have looked for it for hours but I do not find it, do you have some idea ?
Shally            : Yo ought to tell the securities to announce it.
Anton            : That sounds good. I do hope it helps.

Activity 3
Choose one of the situation below. Make a dilogue about giving suggestion and advice in pairs.
Situation 1       : You are confuse about the gift that you will buy for your mother.
Situation 2       : You lost yor hanphone in your school.
Situation 3       : Your roommate looks unwell.
Activity 4
Present your work in front of the class.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates