NitNut_Nyus

Wahyu Nita

Rabu, 16 Juli 2014

RPP writing

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama satuan pendidikan      : SMPN 1 Ngadiluwih 
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/semester                       : VIII/1
Materi pokok                         : Teks deskriptif tulis, pendek dan sederhana, tentang orang
Alokasi waktu                       : 1 pertemuan (2JP)
 


A.  Kompetensi Inti (KI)
KI 1  : Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2                         : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3  : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4  : Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
1.1.1 Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa inggris
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.1.1 Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok
3.10 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaan nya
3.10.1 Mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan teks deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang

4.12 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


4.12.1 Menyusun teks tulis pendek dan sederhana tentang orang dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan

C.    Tujuan Pembelajaran
Diperlihatkan sebuah teks deskriptif siswa mampu:
1.      Mengidentifikasi makna yang ada di dalam teks deskriptif.
2.      Mengidentifikasi gambaran umum teks tulis berbentuk deskriptif.
3.      Mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat dalam teks tulis berbentuk deskriptif.
4.      Menyusun teks tulis sederhana berbentuk deskriptif berdasarkan pengalaman/kejadian di masa lalu.
D.    Materi Pembelajaran
-          Fungsi Sosial
Mendeskripsikan orang, binatang dan benda untuk kepentingan menjual, membeli, mengenalkan, melaporkan kehilangan.
-          Struktur teks
a.    Penyebutan nama orang, binatang, benda dan nama bagian-bagiannya yang dipilih untuk dideskripsikan
b.    Penyebutan sifat orang, binatang, benda dan bagiannya, dan
c.    Penyebutan tindakan dari atau terkait dengan orang, binatang, benda
Panjang teks: kurang lebih 6 (enam) kalimat.
I have a niece. Her name is Fanny. She is five years old. She has chubby cheeks and flat nose. Her eyes are slanted. She looks funny when she smiles.
-          Unsur kebahasaan
(1) Pertanyaan dan pernyataan tentang deskripsi
·   How does your brother look like?
·   He’s short and wears glasses
(2)     Penyebutan kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
(3) Kata ganti it, they, she, we, dst; our, my, your, their, dst.
(4)     Kata sifat, tanpa atau dengan penambahan kata quite, very, atau kombinasi seperti dark brown, nice little cat, dan semacamnya.
(5) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(6)     Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
-      Topik
Berbagai hal terkait dengan orang, binatang dan benda di sekitar rumah, sekolah dan lingkungan.
E.     Metode Pembelajaran
Metode Ilmiah (Scientific Approach)

F.   Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
*      Video
*        Text
*        Laptop/LCD/

G.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Fase
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
a.       Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dan guru dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
b.      Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
c.       Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
5 menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
·   Siswa membaca beberapa contoh teks deskriptif singkat dan sederhana tentang orang.
·  Siswa mengikuti mengucapkan teks deskriptif singkat dan sederhana tentang orang.
·  Siswa membaca untuk memahami  berbagai informasi dan makna  teks deskriptif singkat dan sederhana tentang orang dengan pengucapan dan intonasi yang baik.
·    Siswa berlatih menentukan  informasi rinci
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanya perbedaan antar berbagai teks descriptive singkat dan sederhana tentang orang dalam berbagai konteks
Mengeksplorasi
·  Siswa membaca contoh-contoh teks descriptive singkat dan sederhana tentang orang, benda dan binatang dari berbagai sumber lain.
·  Siswa mendeskripsikan dengan singkat dan sederhana tentang orang untuk tujuan mengenalkan menggunakan Bahasa Inggris  dengan menggunakan clustering technique.
Mengasosiasi
·      Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur bahasa serta format penulisan yang digunakan untuk  mendeskripsikan orang, mengenalkan.
·      Siswa menanyakan balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.  
·      Siswa menyimpulkan hasil analisisnya terkait Fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif tentang orang, mengenalkan.
·       Mengomunikasikan
·      Siswa mendeskripsikan orang untuk mengenalkan dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas serta lingkungan sekitar sesuai dengan konteksnya
·    Siswa menulis jurnal untuk  mengungkapkan pengalaman  yang  mereka peroleh selama pembelajaran, hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi yang sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya





10 menit





10 menit




10 menit








10 menit






10 menit
Penutup
a.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
b.     Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
c.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang  diberikan oleh guru
5 menit

H.    Penilaian (Instrumen penilaian terlampir)
1.      Penilaian sikap
2.      Penilaian pengetahuan
3.      Penilaian ketrampilan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates